Dear EED,
Sejak kami diminta menjadi staf pengganti antar waktu, kami menemukan banyak hal yang bisa diperbaiki dengan tujuan kebaikan Jurusan. Misalnya, sejak awal kami sudah memasang perangkat konektivitas seperti Wifi, LAN, user khusus jurusan (bukan user personal), penataan pantry sebagai tempat berkumpul dan beristirahat, email resmi jurusan, website resmi jurusan, page resmi jurusan di Facebook, Google Plus dan YouTube.
Sistem administrasi juga kami benahi perlahan-lahan. Jika sebelumnya surat-surat secara manual didistribusikan oleh staf Jurusan, kami memutuskan menggunakan teknologi. Surat untuk rekan dosen kami scan dan email dengan lampiran. Jika sebelumnya dibawakan ke ruangan (dengan potensi ruangan tersebut terkunci dan surat tak terbaca, utamanya undangan rapat dst), kami meminta dengan hormat agar rekan dosen yang mengambil langsung suratnya ke Jurusan. Ini tentang efektifitas dan efesiensi karena sumber daya staf yang terbatas. Ini tentang abad 21 dimana teknologi semacam ini bukan barang baru lagi.
Pembenahan lain meliputi sistem peminjaman LCD, sistem absensi apa adanya (yang tak lagi berbohong tanda tangan rekan yang belum tanda tangan), laporan keuangan transparan rutin per bulan, sistem antri bagi utamanya mahasiswa ketika ke Jurusan, penataan ruangan kantor, sistem minutes meeting untuk rapat dan banyak lagi.
Hubungan dan geliat dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan juga kami perbaiki dan tingkatkan. Kegiatan yang lebih besar dan memiliki dampak lebih kami utamakan. Dengan jumlah mahasiswa yang sangat besar, akomodasi terhadap potensi masing-masing individu harus ada dan HMJ mampu bersinergi dengan sangat baik dengan Jurusan. Kegiatan-kegiatan Professional Development mampu menghadirkan nuansa baru dan berdampak. Kegiatan kerjasama lainnya sudah dan sedang dibuat menggeliat lagi.
Masukan-masukan dari bawah dan atas selalu disampaikan ke jalur-jalur semestinya. Lembar evaluasi dosen yang sebelumnya tak pernah didistribusikan, kami sebar sebagai bagian refleksi dan evaluasi diri. Melalui rapat-rapat level pimpinan, penjelasan resmi, komitmen profesional dan masukan konstruktif terus diberikan. Semua untuk kebaikan Jurusan.
Halaman Download sengaja kami buat berisikan dokumen dan informasi yang bisa diunduh langsung sehingga memudahkan semua pihak. Halaman ini sejauh ini berisi Proposal dan Thesis, Schedule, Academic Supervisor, Accreditation, dan Miscellaneous Documents.
Penataan terbaru adalah tentang Standard Operational Procedure (SOP) Proposal dan Thesis. Setelah kami cermati, ada beberapa yang belum mengikuti aturan dari Buku Pedoman Studi. Untuk itu, kami berinisiatif membaca dan merapikan segala aturan dan formulir-formulir yang diperlukan. Mahasiswa dan Dosen HARUS membaca terlebih dahulu dan hanya bisa datang ke Jurusan jika ada isu yang ingin didiskusikan. Hal ini mohon dilihat sebagai upaya positif. Dengan tingginya beban administrasi dan kerja Jurusan, sebuah sistem efektif dan efesien harus diciptakan untuk kelancaran semua pihak. Semua SOP bisa dibaca dan diunduh di tautan ini.
Terima kasih, kami akan sangat terbuka terhadap masukan-masukan konstruktif yang ada.