Yth. Bapak/Ibu, alumni, mahasiswa dan civitas akademika JPBI,Semoga selalu dalam lindungan Tuhan YME. Ada beberapa hal yang ingin Jurusan sampaikan.
Sesuai kesepakatan rapat terakhir, Selasa, tanggal 27 Januari 2015, ada beberapa poin, khususnya mengenai LCD, pantry, akibat langsung dan dekat jumlah mahasiswa terlalu banyak.
TENTANG LCD:
a. Jumlah LCD saat ini di JPBI adalah 6 buah.
b. Jumlah kelas paralel dalam satu sesi pembelajaran bisa mencapai 11 kelas.
c. Perkuliahan full AB – KL.
Isu yang muncul adalah:
a. LCD kurang dalam satu sesi pembelajaran.
b. Dengan berbagai kewajiban Jurusan, jam AB, IJ, dan KL adalah jam sulit karena staf sumber daya Jurusan terbatas.
c. Usulan untuk memasang LCD di kelas belum bisa disetujui dengan alasan keamanan belum memadai.
d. Tiga LCD milik jurusan yang di-handle rekan pegawai untuk kepentingan semua Jurusan di FBS, sering tidak bisa dipinjam dengan alasan terpakai.
e. Komitmen menggunakan tiga LCD ini untuk kepentingan seminar, proposal dan ujian belum terlihat terbukti dari isu yang muncul dari mahasiswa yang baru saja ujian, akhir Januari 2015 ini.
Solusi temporer (sambil menunggu datangnya LCD dari rencana Jurusan) adalah:
a. Pantry difungsikan untuk penitipan LCD sementara pada jam-jam AB, IJ, KL dan lainnya yang urgen.
b. Rekan dosen harus mengawal sendiri peminjaman dan pengembalian LCD, dengan mengisi buku peminjaman barang.
c. Komitmen tinggi semua pihak.
d. Komunikasi dengan Kalab agar lebih diintensifkan terutama mengenai peminjaman dan pengembalian sehingga alur LCD bisa dimonitor dengan baik.
TENTANG PANTRY
Menyusul pemanfaatan pantry untuk tempat sementara LCD, pantry baru saja selesai ditata ulang.
a. Pantry lebih lowong. Mari lebih sering makan dan/ atau istirahat di pantry sambil bincang-bincang.
b. Dokumen yang tidak penting (karena waktu, kondisi dan fungsi) sudah dipindahkan.
c. CPU, printer bekas sudah dipindahkan ke gudang FBS dengan koordinasi tim perlengkapan dan PD I
d. Kunci dipegang masing-masing dosen. Tanpa bermaksud apapun, mari jaga kebersihan, keutuhan pantry. Tanggung jawab dan komitmen tinggi diharapkan.
TENTANG MAHASISWA MEMBLUDAK
Staf pengganti antar waktu mulai tugasnya bulan September 2014. Tugasnya adalah melanjutkan manajemen Jurusan yang secara sekaligus ditinggalkan langsung oleh ketiga staf sebelumnya dengan berbagai alasan yang sudah diketahui bersama.
Mahasiswa JPBI saat ini berjumlah 878 orang (Data TU, 2014). Jumlah ini sudah berjalan dengan kebijakan dan keputusan bersama, sebelum staf pengganti antar waktu bekerja. Ternyata, jumlah ini memberi ekses pada banyak hal, misalnya, kelas terbatas, fasilitas minim, rasio tak seimbang, dan seterusnya. Salah satu yang perlu diketahui bersama adalah ekses akan membludaknya jumlah mahasiswa yang mengambil ke atas. Mahasiswa ini berada di semester bawah. Karena IPK mereka sebagian besar cukup tinggi, mereka berhak mengambil ke atas. Kami memandang hal ini perlu dan sangat penting diketahui bersama.
Isu yang muncul:
a. Pada mata kuliah tertentu (misal Entrepreneurship dan ESP), gabungan mahasiswa yang memang muncul di semesternya dan mahasiswa dari adik tingkat ini akan membuat kelas membludak.
b. Satu kelas akan sangat mungkin berisi 60 orang.
c. Institusi, melalui PUSKOM, tidak berhak membatasi hak mahasiswa.
d. Dosen pengajar akan mendapatkan beban kerja dua kali lipat.
e. Kelas akan kurang.
f. LCD akan kurang.
g. Fasilitas yang sudah minim, tambah minim.
h. Jurusan sudah menyampaikan ke Tim TI FBS, PD I, dan Dekan beserta staf pimpinan dalam Rapat Kerja, namun sejauh ini belum ada solusi.
i. Hal ini membebani Jurusan, karena unit pendukung pemberi solusi tidak optimal.
Hal-hal lain akan kami sampaikan dalam email selanjutnya. Semoga berkenan, mohon informasi di email ini dilihat sebagai masukan positif dan upaya baik untuk mencari solusi dan perbaikan ke arah lebih baik.
Staf Jurusan berusaha dan bekerja sebaik mungkin, sepanjang hak dan kewajiban jelas, adil dan profesional.
Salam hangat,
Jurusan