Yth. Bapak/Ibu Dosen dan Mahasiswa,
Berikut kami lampirkan daftar pembahas untuk proposal skripsi periode April 2015. Proposal ini sudah mulai terkumpul sejak bulan Februari 2015 namun karena Jurusan mendapat banyak pekerjaan bahkan yang sifatnya mendadak dan berubah-ubah, pengumuman pembahas tertunda-tunda bahkan sampai beberapa kali. Pembagian ini bisa selesai dengan bantuan beberapa mahasiswa yang bersedia membantu. Solusi ini sering dilakukan sejak dahulu, namun kali ini hendak diminimalkan karena tidak sepatutnya pekerjaan Jurusan dibebankan ke anak-anak mahasiswa. Jurusan sampai saat ini belum mendapat SK staf tahunan sehingga tidak mendapat dukungan baik fasilitas ataupun penghargaan kerja. Dengan ini, semoga semua pihak mau dengan konkrit membantu Jurusan untuk lebih baik.
Hari Rabu, tanggal 15 April 2015, Jurusan mengundang mahasiswa yang sudah mengumpulkan proposal untuk audiensi. Ini dilakukan untuk secara terbuka dan bersahabat untuk menyampaikan aspirasi dan mencari solusi. Dari pertemuan tersebut, didiskusikan beberapa hal:
1. Pembagian pembahas akan dilakukan dengan bantuan mahasiswa. Dengan catatan, bahwa solusi ini temporer dan bantuan tenaga untuk administrasi harus disegerakan untuk membantu Jurusan karena jumlah mahasiswa yang banyak (919 orang). Jumlah yang banyak ini memberi akibat administrasi berbeda dengan Jurusan lain, misal D3 Bahasa Inggris (75 orang) atau DKV (10 orang).
2. Staf jurusan hendaknya didukung dengan fasilitas dan penghargaan setimpal karena banyaknya tugas yang dilakukan sehingga seluruh pekerjaan Jurusan bisa terselesaikan.
3. Mahasiswa mendukung penuh usaha Jurusan mendapatkan hak-haknya setelah melakukan kewajiban-kewajibannya dan meminta lembaga untuk mendukung proses pembelajaran agar berjalan dengan baik. Fasilitas AC dan toilet harus dipelihara dengan baik secara reguler sehingga keinginan mahasiswa untuk terus belajar dan keinginan dosen untuk terus mengajar bisa saling bertemu dalam sebuah kondisi layak. Saat ini diketahui, hampir semua AC yang terpasang di ruang kelas tidak berfungsi dan toilet banyak yang tidak terawat bersih.
4. Isu lain seperti penggunaan LCD yang baik juga dibicarakan. Proses peminjaman yang ternyata lebih sering dilakukan oleh mahasiswa – bukan dosen, meski ini sudah keputusan rapat – didiskusikan. Jurusan mengingatkan agar catatan peminjaman tetap dilengkapi untuk memudahkan pelacakan jika terjadi apa-apa. Setiap harinya, ada saja yang tidak mencatat peminjaman di buku peminjaman. Ini berpotensi menyulitkan jika terjadi kehilangan (merujuk LCD yang tidak kembali sebelumnya selama 1 minggu tak terdeteksi). Ada juga satu tas LCD yang tersulut rokok. Demikian juga tentang penggunaan kabel roll agar tidak cepat rusak. Sebelumnya, Jurusan harus membeli sendiri kabel-kabel karena tidak ada kabel tersedia. Kemudian, hanya dalam kurun waktu 2 bulan banyak kabel rusak dan dibiarkan tergeletak begitu saja. *Update: satu minggu setelah audiensi, Jurusan menerima 4 kabel ekstension dari Fakultas yang sangat membantu untuk menunjang PBM.
5. Isu ITP TOEFL juga dibicarakan. Keputusan rapat dosen bersama dalam rapat mengenai standar TOEFL 500 dirasa memberatkan meskipun standar ini termasuk tingkat kecakapan paling minimal dalam konteks standar TOEFL. Ini menunjukkan input, proses dan output mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris itu sendiri.
Audiensi ini berlangsung selama kurang lebih 2 jam dan berjalan dinamis. Seluruh aspirasi didengarkan dan direspon dengan rasional dan data. Kegiatan audiensi ini juga merupakan upaya bersikap terbuka dan fokus pada penyelesaian masalah. Untuk penyampaian aspirasi dua arah yang baik, disampaikan agar audiensi ini bisa tetap dilakukan secara reguler. Dengan demikian, segala isu dapat dicarikan jalan keluar secara patut.
Setelah pekan Social Gathering berakhir (16 – 26 April 2015), pembagian pembahas kemudian diselesaikan. Bapak/Ibu dan mahasiswa mohon melihat daftar pembahas yang kami lampirkan dibawah ini. Ada 165 mahasiswa dalam periode kali ini. Ini merupakan jumlah yang sangat banyak dengan potensi beban kerja tinggi untuk membahas, membimbing dan menguji yang berbanding lurus dengan jumlah mahasiswa yang banyak ini. Satu orang dosen membahas kira-kira 14 mahasiswa baik sebagai Pembahas I dan Pembahas II. Dari 165 mahasiswa ini, beberapa melakukan penelitian payung. Jumlah payung yang terlalu banyak (ada 16 dan 22 orang untuk satu pembahas) dikomunikasikan dan disepakati untuk menguranginya karena tidak sesuai dengan prinsip penelitian payung. Dari jumlah total tersebut juga diketahui ada yang belum menyelesaikan kelengkapan proposalnya, seperti belum menyetor proposal, jurnal belum minimal 7 (sesuai keputusan rapat dosen), dan formulir yang belum lengkap. Mahasiswa yang belum ada proposalnya tidak akan diberikan pembahas.
Daftar pembahas bisa diunduh di tautan berikut ini.
1. Untuk mahasiswa: Daftar Pembahas Periode April 2015-Mahasiswa (Revisi 29 April 2015)
Daftar ini berisi rekap seluruh proposal dengan catatan tertentu. Warna merah menunjukkan keterangan ketiadaan kelengkapan.
2. Untuk dosen pembahas: Daftar Pembahas Periode April 2015-Dosen Pembahas (Revisi 29 April 2015)
Daftar ini untuk dosen pembahas, agar dosen pembahas masing-masing mengetahui nama mahasiswa yang dibimbing dan total mahasiswa yang dibahas proposalnya. Demikian juga, ada warna merah menunjukkan keterangan ketiadaan dokumen tertentu. Mohon dosen pembahas memperhatikan dan menyampaikan kepada mahasiswa.
Adapun prosedur yang harus dilakukan oleh mahasiswa setelah pembagian ini adalah:
1. Melampirkan surat permohonan menjadi pembahas proposal: https://ele.undiksha.ac.id/wp-content/uploads/sites/80/2015/02/Form-2-Pembahasan-Proposal-Surat-Permohonan-menjadi-Pembahas-Skripsi.rtf
2. Melampirkan Lembar Evaluasi: https://ele.undiksha.ac.id/wp-content/uploads/sites/80/2015/02/Form-3-Pembahasan-Proposal-Lembar-Evaluasi-Proposal-Penelitian.rtf
3. Melampirkan bukti kegiatan pembahasan proposal: https://ele.undiksha.ac.id/wp-content/uploads/sites/80/2015/02/Form-4-Pembahasan-Proposal-Bukti-Kegiatan-Pembahasan-Proposal-Skripsi.docx
4. Melampirkan formulir kemajuan pembahasan proposal: https://ele.undiksha.ac.id/wp-content/uploads/sites/80/2015/02/Form-5-Pembahasan-Proposal-Formulir-Kemajuan-Penulisan-Proposal-Skripsi-Mahasiswa.docx
5. Mengambil proposal masing-masing di Jurusan pada jam kerja dan melampirkan semua formulir terkait.
6. Membawa ke masing-masing pembahas.
7. Melakukan proses pembahasan sesuai dengan prosedur yang berlaku.
Demikian kami sampaikan, semoga berkenan dan bermanfaat. Dukungan nyata semua pihak akan sangat membantu lancarnya semua proses roda Jurusan.
Salam,
Jurusan